Iklan Header

Tes Daya Tahan Baterai HP Battery Health Setelah 50-300 Cycle: Selain Original, yang Terbaik Merk Apa?

Baterai HP, seiring pemakaian tentu kapasitasnya akan terus berkurang. Sehingga baterai juga ada umurnya. Dan pada saat Battery Health sudah dibawah 70%, maka pada saat itulah disarankan untuk diganti.

Dalam artikel ini saya akan membahas catatan pribadi saya selama menggunakan baterai HP berbagai merk. Apa yang saya catat disini adalah pengurangan kapasitas baterai pada cycle 50, 100, 150, 200, 250 dan 300, serta kelipatannya jika ada.

Cycle itu apa? Cicle adalah putaran 1x ngecas dari 0-100% dan pemakaian dari 100% ke 0 lagi. Atau ngecas 2x 50%, dari angka berapapun tidak masalah, yang penting terhitung 100%.

Data-data ini saya dapat dengan aplikasi AccuBattery Pro yang saya install di setiap HP. Aplikasi ini mungkin tidak 100% akurat, tapi ya sangat bisa dijadikan gambaran, minimal diatas 95% akurat.

Jadi data-data disini nantinya bisa dijadikan referensi untuk memilih merk baterai terbaik, mana yang lebih tahan lama dalam jangka panjang mana yang cepat ngedrop.

Perlu diketahui, mendapatkan data seperti ini tidak gampang dan membutuhkan waktu yang lama, karena harus memasang aplikasi yang terus stand-by dan waktu berbulan hingga bertahun-tahun.

1. Baterai Original Infinix Note 30

HP Infinix Note 30 ini saya beli baru langsung saya install AccuBattery Pro untuk melihat kapasitas dan performa baterai dalam waktu jangka panjang.

 

  • 50 cycle: berkuranga 199 mAh
  • 100 cycle: berkurang 389 mAh
  • 150 cycle: berkurang 554 mAh
  • 200 cycle: berkurang 748 mAh
  • 250 cycle: berkurang 943 mAh
  • 300 cycle: berkurang 1.119 mAh

Baterai original memang yang terbaik, kalau saya perhatikan dan bandingkan dengan merk lain, baterai ori ini pengikisannya atau kerusakan baterai setiap cycle-nya paling minim. Gak heran memang baterai ori bisa tahan hingga bertahun-tahun, bahkan HP kakak saya yang sudah 5 tahun pun belum ganti baterai.

2. Baterai Hippo Poco X3 NFC/Pro

Merk Hippo ini saya coba di Poco X3 NFC, sudah hampir 2 tahun pemakaian masih oke dan awet.

  • 50 cycle: berkurang 273 mAh
  • 100 cycle: berkurang 546 mAh
  • 150 cycle: berkurang 853 mAh
  • 200 cycle: berkurang 1.169 mAh
  • 247 cycle: berkurang 1.415 mAh

Dari data yang saya dapat, merk Hippo ini termasuk yang cell-nya tidak mudah rusak, jadi seharusnya juga tahan lama untuk pemakaian diatas 2 tahun.

3. Baterai Life Future Samsung Galaxy A04

Merk baterai yang populer juga, Life Future ini juga terkenal di LCD dan berbagai sparepart HP ya. Saya pakai merk baterai Life Future untuk Samsung Galaxy A04 punya anak saya. Dan seperti inilah data pengikisan baterainya..

  • 50 cycle: berkurang 279 mAh
  • 100 cycle: berkurang 584 mAh

Dari datanya, baterai merk LF ini lumayan baik daya tahan baterainya, mirip-mirip dengan Hippo. berkurang di kisaran 270mAh pada 50 Cycle.

Bedanya dengan Hippo adalah kapasitas awal LF biru cenderung lebih rendah daripada Hippo.

Catatan: Graphic yang landai pada awalnya adalah ketika masih menggunakan baterai original, sebelum diganti dengan merk Life Future.

4. Baterai Braderparts Xiaomi Redmi Note 9

Merk baterai yang secara harga relatif murah, tapi kualitas mampu bersaing dengan merk senior seperti Hippo.

Baterai Braderparts saya coba di HP Xiaomi Redmi Note 9. Berikut data pengikisan baterai setelah 50 cycle dan seterusnya..

  • 50 cycle: berkurang 344 mAh
  • 100 cycle: - (belum ada data)

Dari datanya, merk BP ini tergolong oke, yang kerusakan baterai setelah pemakaian 50 cycle memang lebih tinggi dari Hippo dan LF, tapi perlu diingat bahwa harganya juga jauh dibawah Hippo.

Tapi jujur saya masih penasaran dengan Braderparts, bagaimana kelanjutnannya setelah ratusan cycle. Semoga nanti bisa saya update lagi ya.

Nah, mungkin itu beberapa data yang bisa saya catatkan disini. Sebenarnya saya juga sudah pernah pakai Rakkipanda lebih dari 2 tahun masih oke, hanya saja HP Realme 5-nya sudah saya jual, jadi gak bisa saya tampilkan datanya. 

Semoga kedepannya bisa pakai Rakkipanda lagi ya karena penasaran juga dengan data jangka panjangnya.

Updated: 23 September 2024.

Posting Komentar untuk "Tes Daya Tahan Baterai HP Battery Health Setelah 50-300 Cycle: Selain Original, yang Terbaik Merk Apa?"