Iklan Header

Baterai HP Merk Rakkipanda vs Hippo Bagus Mana? Pengalaman Pribadi

Banyak yang nanya antare kedua merk baterai ini baik di blog maupun Youtube channel Elppastore. Jujur saya bingung dan jarang menjawab pertanyaan melalui komentar tersebut.

Oke lah, sambil live di Shopee Elppastore malam-malam, saya mau cerita. Tapi maaf gak banyak pake data karena untuk review-nya sudah saya post sebelumnya di blog Elppas ini dan chanel Youtube Elppastore.

Disini saya cuma ingin berbagi pengalaman saja, sebenarnya untuk review merk baterai itu susah, jangankan satu merk, satu model saja butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mengetahui baterai itu bagus atau tidak.

Berdasarkan pengalaman saya mulai coba-coba merk baterai dari tahun 2019 sampai sekarang 2024. Ini menurut saya antara baterai Rakkipanda vs Hippo.

Rakkipanda

Saya mulai pakai baterai Rakkipanda di Realme 5, untuk kesan pertamanya di awal pemakaian menurut saya baterai merk panda ini bagus. 

Secara berat fisiknya sama dengan baterai original bawaan. Apakah berat ini berpengaruh? Berdsarkan pengalaman saya ada beberapa merk baterai baterai yang beratnya lebih ringan dari ori bawaan dan ternyata kapasitasnya lebih rendah dari baterai ori.

Nah, si Rakkipanda ini setelah saya coba cek kapasitas di awal juga sangat memuaskan.

Menggunakan aplikasi seperti AccuBattery Pro, baterai Rakkipanda Realme 5 ini terukur memiliki kapasitas real 10% 5000mAh, bahkan mungkin lebih, karena berdasarkan pengalaman saya. Bahkan baterai original bawaan, saya pernah coba cek di Infinix Note 30 tidak sampai 100% dari 5000mAh.

Singkat cerita, pemakaian lebih dari 2 tahun masih oke, kondisi terakhir sekitar 80%, sampai HP Realme 5 saya terjual.

Untuk harganya, Rakkipanda ini termasuk yang tidak terlalu over price, alias wajar. Dengan garansi 12 bulan yang menenangkan.

Jadi kesimpulannya menurut saya baterai Rakkipanda merupakan salah satu baterai pengganti original terbaik.

Hippo

Lanjut ke bateri Hippo berdasarkan pengalaman saya di Xiaomi Poco X3 NFC. Secara beratnya ini juga sama dengan baterai bawaan original.

Untuk kapasitasnya menurut saya tergolong real capacity, walaupun tidak seperti Rakkipanda yang bisa menyentuh 100%, tapi berada dikisaran sekitar 98%. Dengan catatan, ini beda model ya antara Realme 5 vs Poco X3 NFC.

Selain itu, ada juga hal menarik dari baterai Hippo ini. Ia dipengaruhi oleh fast charging atau tidak, karena pada saat di cas menggunakan charger Xiaomi bawaan 33W (Turbo charge), efisiensi pengisian baterainya akan menurun, tapi jika diisi dengan charger standar dibawah 18W maka akan lebih efisien dan lebih awet.

Pemakaian untuk baterai Hippo ini sudah sekitar 1,5 tahun lebih dan masih kondisi bagus, berada dikisaran 80% menurut AccuBattery.

Soal harga, baterai Hippo rata-rata, saat ini (Agustus 2024) lebih tinggi dari Rakkipanda.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman saya, kalau ditanya mana yang lebih baik? Jujur, saya lebih prefer ke merk Rakkipanda karena harganya yang lebih terjangkau dengan kapasitas dan kualitas yang kurang lebih sama.

Tapi ya itu berdasarkan pengalaman pribadi saja, saya faham pengalaman setiap orang berbeda-beda, mungkin saja ada yang pernah kecewa dengan merk Rakkipanda. Semua produk pasti tidak 100% sempurna, lihat saja review di masing-masing toko, penilaian secara total tidak ada yang 5.0, pasti ada sebagian orang yang kecewa karena kesalahan baik dari produknya, kurirnya, pengiriman lama, dll.

Silahkan berbagi pengalaman di komentar.

Posting Komentar untuk "Baterai HP Merk Rakkipanda vs Hippo Bagus Mana? Pengalaman Pribadi"