Iklan Header

Baterai HIPPO vs RAKKIPANDA Part 2, Berubah Lagi!

Nah baru aja beberapa hari kemarin saya posting soal baterai Hippo vs Rakkipanda, dan kesimpulannya saya lebih prefer ke Rakkipanda karena harganya lebih murah dengan kapasitas dan kualitas yang hampir sama.

 

Tapi itu Rakkipanda Realme 5 pembelian sekitar tahun 2020 vs Hippo Poco NFC. 

Lain cerita lagi, beberapa hari yang lalu juga, awal Agustus 2024 saya beli baterai Rakkipanda untuk Poco NFC/Pro karena ingin membandingkan yang satu model.

Jadi saat ini saya memiliki baterai original bawaan Poco X3 NFC, baterai Hippo Poco X3 NFC, dan Rakkipanda NFC.

Setelah saya bandingkan untuk beratnya ternyata berikut adalah hasilnya:

  • Baterai original Xiaomi Poco X3 NFC/Pro original: 67 gram
  • Baterai Hippo Poco X3 NFC/Pro: 68 gram
  • Baterai Rakkipanda Poco X3 NFC/Pro: 64 gram
  • Sebagai perbandingan, Baterai Braderparts Poco X3 NFC/Pro: 68 gram

Nah, jadi berubah lagi deh pemikiran saya. Secara beratnya Rakkipanda sekarang kenapa jadi lebih ringan, tidak seperti Rakkipanda Realme 5 yang dulu pernah saya beli beratnya setara dengan baterai bawaan.

Dulu baterai Rakkipanda Realme 5 itu kapasitas tertulis di label 9000mAh dari yang aslinya 5000mAh, tapi real capacity setara dengan ori. Sekarang baterai Poco X3 NFC/Pro 5700mAh, cuma lebih sekitar 500mAh rata-rata tertulis di label Rakkipanda saat ini. 

Tapi kapasitas real belum saya coba. Hanya saja kalau dilihat dari berat secara fisik yang lebih ringan 3 gram dari original bawaan, agak ragu dengan kapasitasnya, kemungkinan tidak real seperti baterai merk lain yang pernah saya coba, jika beratnya lebih ringan biasanya kapasitas mAh juga dibawah-nya.

Kesimpulan sementara saya untuk saat ini, memang seharusnya untuk review baterai itu tidak bisa digeneralisasi. Tetap saja harus per model, seperti juga kita review HP, tidak bisa digeneralisir semua HP merk Samsung (misalnya) bagus. Pasti setiap model berbeda, ada yang bagus dan ada yang kurang bagus juga.

Tapi karena review baterai lebih sulit dari review HP, ya kalau mau digeneralisir ya gak masalah juga pakai jurus kirata (kira-kira jadi nyata). Sesuaikan saja dengan budget masing-masing. Menurut saya Rakkipanda masih tetap worth-it di harga yang lebih rendah dari Hippo. 

Pada dasarnya perbedaan beberapa merk umum seperti Hippo, Rakkipanda, Braderparts, Wixel, dan Cortex, itu kemungkinannya tipis-tipis saja. Jadi tidak ada salahnya beli merk tersebut, sesuaikan dengan budget saja. Manfaatkan juga momen-momen discount untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Posting Komentar untuk "Baterai HIPPO vs RAKKIPANDA Part 2, Berubah Lagi!"