Iklan Header

3 Cara Mengatasi Oppo A5s Botloop Mentok di Logo, No 1-2 Tanpa Hilang data!

Beberapa waktu lalu Elppas kedatangan HP Oppo A5s punya teman yang katanya mati, tidak bisa dinyalakan. Awalnya mati total, setelah saya coba tekan tombol power, perangkat bisa hidup tapi mentok di logo, walaupun sudah dinyalakan beberapa menit hingga satu jam pun tetap hanya muncul logo dengan titik titik yang seolah memproses, tapi tidak kunjung sampai ke menu.

Setelah saya cari solusi di Youtube, yang saya temukan caranya cukup mudah tapi sayang bisa menghilangkan data, sedangkan teman saya tidak ingin kehilangan data di HP-nya karena ada data kontak dan foto/video penting. Jadi, menghapus data adalah pilihan terakhir.

Oppo A5s Botloop

Jika kamu mempunyai masalah yang sama, berikut 3 cara mengatasi masalah botloop mentok di logo Oppo A5s yang bisa kamu coba:

1. Coba Nyalakan Berulang

Cara pertama yang paling aman adalah dengan mencoba terus menyalakan dengan meneken tombol power seperti biasa. Jika mentok, matikan dan nyalakan kembali. Terus begitu, jika kamu beruntung maka bisa saja tiba-tiba masuk ke menu. 

Hal ini pernah saya lakukan dan pada percobaan ke 3-4 bisa masuk menu.

Penyebab masalah ini, kemungkinan adalah eMMC sudah lemah dan/atau penyimpanan sudah penuh. 

Jika berhasil masuk, silahkan segera backup semua data, karena bisa jadi botloop kembali jika direstart atau dimatikan. Hapus juga beberapa aplikasi atau data yang sudah tidak diperlukan.

2. Coba Ganti baterai

Salah satu penyebab lainnya yang sering mengakibatkan botloop adalah baterai yang sudah drop atau fuse-nya putus.

Silahkan coba ganti baterai atau jumper R-fuse baterai jika baterai masih original dan belum mau diganti.

Jika kamu tidak peduli dengan data yang berada di HP-mu, silahkan coba ke cara berikutnya.

3. Reset ke Setelan Pabrik

Cara terakhir adalah dengan melakukan reset pabrik. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan file sistem yang kemungkinan rusak/corrupt sehingga smartphone tidak dapat berfungsing dengan benar.

Matikan HP, lalu tekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan hingga muncul logo Oppo dengant ulisan Recovery Mode di bagian pojok bawah kiri.

Pilih bahasa English atau bahasa yang kamu pahami.

Lalu pilih Wipe Data, Format Data.

Jika masih beruntung, maka ponsel kamu kemungkinan akan menyala normal kembali.

Itulah 3 cara yang pernah saya lakukan dan berhasil untuk mengatasi botloop di ponsel Oppo. Silahkan dicoba, semoga berhasil! Jika belum berhasil, silahkan hubungi teknisi, karena kemungkinan ada masalah lainnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengatasi Oppo A5s Botloop Mentok di Logo, No 1-2 Tanpa Hilang data!"