Iklan Header

Bongkar Samsung Galaxy A15: Ganti Baterai, Servis, Ganti LCD

Pada artikel ini kita akan membongkar Samsung Galaxy A15 LTE yang sebelumnya sudah kita review. Selanjutnya, kita akan melihat hardware bagian dalam yang mungkin Anda perlu ketahui saat memperbaiki ponsel, mengganti baterai, mengganti LCD atau masalah lainnya.

Sebelum kita memulai, matikan ponsel dan SIM tray perlu dilepas.. 

Sekarang, panaskan bagian belakang dengan menggunakan pengering rambut atau heat gun untuk melonggarkan perekat di bawahnya. Setelah itu, gunakan suction cup untuk mengangkat sedikit backcover dan membuat celah untuk memasukan plastik untuk membuka penutup belakang. 

Berikut adalah tampilan backcover plastik, dan lensa kamera kaca dapat diganti dengan memanaskan dan perlahan-lahan melepaskannya. Jadi, Anda tidak perlu membongkar telepon untuk menggantinya.

Pada titik ini, ada 15 sekrup phillips (+ 1,5mm) yang harus dilepas. 

Kabel sensor sidik jari sekarang dapat dilepas. 

Kemudian, alat lepas plastik perlu ditempatkan di antara frame dan dan bingkai layar, dan geser sepanjang tepinya untuk melepaskan kait-kaitnya. Bagian belakang juga terbuat dari plastik, dengan antena NFC dan kabel Fleks antena di bagian bawah. Melihat sisi lain, kita bisa melihat beberapa film grafit yang membantu mentransfer panas, serta kabel Fleks tambahan di bagian atas.

Kabel baterai sekarang dapat dilepaskan, diikuti oleh kabel lainnya. Kabel Fleks ini menghubungkan papan induk dengan layar dan sub board. 


Jika Anda perlu mengganti layar, Anda harus melepaskan backcover dan sekrup pada bagian mid-frame. Pada saat itu, Anda melepaskan kabel fleks yang menghubungkan layar dengan papan induk, melepaskan kabel fleks layar dari sub-board, dan kemudian Anda menghangatkan bagian depan telepon di mana layar berada untuk melonggarkan perekat di bawahnya. Setelah itu, Anda melepaskan layar lama Anda, menggunakan perekat baru, dan memasang kembali layar baru, memastikan Anda menjalankan kabel fleks kembali ke pembukaan rangka tengah dan merakit kembali teleponnya.

Dua kabel koaksial di sisi kanan mainboard dapat dilepaskan dengan cara mencongkelnya menggunakan prying tool. Ada satu sekrup phillips yang menahan maiboard jika ingin dilepaskan. 

Setelah melihat lebih dekat papan induk, kita bisa melihat lensa ultra wide 5 megapiksel, kamera utama 50 megapiksel, dan lensa makro 2 megapiksel. Tidak ada kamera yang memiliki OIS atau stabilisasi gambar optik. Konektor kamera dapat diputuskan dengan cara mencongkelnya. Ada lampu kilat LED yang terletak di sini, dan ada segel karet di sekitar konektor-konektor tersebut. Saya kaget mereka menyertakan segel karet di sekitar konektor-konektor tersebut karena SIM tray sendiri tidak memilikinya.

Melihat sisi lain, kita bisa melihat kamera depan 13 megapiksel, mikrofon sekunder, sensor cahaya, dan pembaca kartu memori SIM. Ada juga beberapa foli transfer panas lagi di atas pelindung belakang. Mengupasnya menunjukkan pasta termal di atas prosesor MT6789V MediaTek Helio G99

Setelah maiboard dilepas, kita bisa melihat bantal termal tambahan di bawahnya, di atas bingkai. 

Sekarang, untuk mengeluarkan baterai, ada tempelan yang disediakan untuk membantu Anda melepaskannya. Kelupas stiker bening di kiri dan kanan lalu tarik plastik pull tab berwarna biru.

Inilah tampilan baterai 5.000 mAh Samsung Galaxy A15

Ada satu sekrup phillips yang menahan subboard, jadi melihat subboard kita bisa melihat jack headphone yang terletak di sini, mikrofon utama yang terletak di sini, dan port pengisi daya yang terletak di sebelahnya. 

Inilah tampilan sisi lain untuk siapa saja yang tanpa sengaja memasukkan alat pemilih SIM ke dalam lubang mikrofon atau membuka, Anda tidak perlu khawatir dengan telepon ini karena filter untuk mikrofon dan mikrofon itu sendiri berada di atas lubang dan tidak akan rusak.

Motor getar terletak di sudut bawah dan dipasang dengan beberapa perekat. Jika Anda ingin menggantinya, Anda hanya perlu mengaplikasikan panas dan perlahan-lahan melepaskannya. 

Ada stiker indikator kerusakan cairan di sini dan satu lagi yang duduk di bingkai di bawah laci SIM. Kabel fleks untuk tombol volume terletak di sisi ini yang juga dipasang dengan beberapa perekat. Untuk melepaskannya, Anda hanya perlu melepaskannya secara perlahan. Dan hal yang sama berlaku untuk speaker earpiece yang terletak di atas. 

Sekarang waktunya untuk merakit kembali telepon. Setelah semuanya kembali di tempat, aplikasikan perekat baru dan pasang kembali casing belakang. Balikkan telepon, nyalakan, dan selesai. 

Sumber: PBKReview.

Posting Komentar untuk "Bongkar Samsung Galaxy A15: Ganti Baterai, Servis, Ganti LCD"